Sederet TWS Realme yang Turun Harga, Cek Sendiri!

Jakarta, Selular.ID – Di pasar Indonesia saat ini, baik online maupun offline, banyak brand True Wireless Stereo (TWS) yang menghadirkan produk dengan berbagai desain, fitur dan harga beragam. Pasar TWS Indonesia saat ini didominasi oleh vendor smartphone yang juga merilis produk TWS, Realme salah satunya.

Di tahun 2021 ini, Realme memboyong produk TWS baru ke tanah air seperti Realme Buds Q2, Realme Buds Air 2, dan Realme Buds Air 2 Neo. Selain itu, masih banyak produk TWS Realme lainnya yang beredar di pasar Indonesia seperti Realme Buds Air, Realme Buds Air Pro, Realme Buds Air Neo, dan Realme Buds Q. Sejak meluncurkan produk TWS pertama kali di Indonesia, yaitu Realme Buds Air di tahun 2020 lalu, produk TWS Realme selalu diminati para penggemarnya.

Kali ini tim Selular ID memberikan informasi update harga terbaru dari TWS Realme yang sudah beredar di pasaran. Kami melakukan riset melalui situs resmi Realme Indonesia. Berikut update harga TWS Realme yang beredar di pasar Indonesia.

  1. Realme Buds Q2

Realme Buds Q2

Bulan Juni lalu, Realme resmi menjual TWS terbaru Realme Buds Q2 ke Indonesia dengan harga Rp. 399.000 melalui situs resmi Realme Indonesia. Di bulan Juli ini, harga Realme Buds Q2 di situs Realme Indonesia turun menjadi Rp. 269.000.

Realme Buds Q2 tersedia dalam dua varian warna yaitu biru dan hitam. TWS ini memiliki ketahanan hingga 20 jam total pemakaian dan diklaim menjadi TWS yang terjangkau dan lengkap di kelasnya.

Realme Buds Q2 memiliki driver besar 10mm yang menggunakan diafragma komposit polimer berkualitas tinggi, PEEK&TPU, untuk pengalaman mendengarkan audio yang luar biasa. Material PEEK mereproduksi suara dengan frekuensi menengah ke tinggi. Sementara PU menghasilkan bass yang dalam dan kuat.

Baca Juga: realme Buds Air 2, Andalkan ANC dan Segudang Kemampuan Lain

TWS ini menggunakan solusi Realme Bass Boost+ yang telah diperbarui. Saat pengguna beralih ke Gaming Mode atau menonton film, Realme Buds Q2 mampu menghasilkan 88ms Super Low Latency untuk sinkronisasi sempurna antara video dan audio.

  1. Realme Buds Air 2

Realme buds Air2

Selanjutnya ada Realme Buds Air 2 yang sudah tersedia di Indonesia sejak April 2021 lalu. Di Indonesia, Realme Buds Air 2 dipasarkan di Shopee, Akulaku, JD.ID dan situs Realme Indonesia dengan harga Rp. 799.000. Menurut pantauan Tim Selular melalui situs Realme Indonesia, di bulan Juli ini Realme Buds Air 2 turun harga menjadi Rp. 649.000.

TWS ini tersaji dalam warna hitam dan putih. Realme Buds Air 2 mengusung fitur Active Noise Cancellation (ANC) untuk mengurangi kebisingan hingga 25dB. Fitur ini juga mampu menyaring sebagian besar suara frekuensi rendah, termasuk gemuruh pesawat, kereta bawah tanah, dan moda transportasi lainnya. TWS ini juga mampu meredam kebisingan peralatan rumah tangga, membuat pengguna dapat membenamkan diri dalam musik yang dimainkan atau bekerja tanpa merasa terganggu.

Baca Juga: Ini Rekomendasi 3 TWS Baru Realme, Pilih Mana?

Melalui kerjasama The Chainsmokers dan Realme Music Studios, Realme Buds Air 2 menghadirkan material dan fitur audio berkualitas tinggi. The Chainsmokers memilih 10mm Hi-Fi Bass Boost Driver diamond-like carbon diaphragm, yang biasanya hanya ditemukan di earbuds atau headphone kelas flagship dengan rentang harga yang jauh lebih tinggi. The Chainsmokers juga menciptakan solusi peningkatan bass terbaru yaitu Bass Boost+ yang memaksimalkan kekuatan driver bass mutakhir dan diafragma DLC.

Realme Buds Air 2 ditenagai chip hemat energi R2 terbaru, yang mampu meningkatkan waktu penggunaan hingga 80 persen. TWS ini bisa digunakan untuk memutar musik hingga 120 menit dengan waktu pengisian daya hanya 10 menit.

  1. Realme Buds Air 2 Neo

Realme Buds Air 2 Neo

Selain Buds Air 2, Realme juga meluncurkan Buds Air 2 Neo di Indonesia secara bersamaan pada April lalu. Di awal peluncurannya Realme Buds Air 2 Neo dijual di Akulaku, JD.ID dan situs Realme Indonesia dengan harga Rp. 599.000. Di awal bulan Juli ini, Realme Buds Air 2 Neo turun harga menjadi Rp. 498.500 di situs Realme Indonesia.

TWS ini punya dua varian warna, yakni Active Black dan Calm Grey. Buds Air 2 Neo ini juga mengusung desain kekinian dengan batu permata yang futuristik bernama Gleaming mirror design.

Realme Buds Air 2 Neo hadir dengan teknologi ANC yang mampu mengurangi kebisingan hingga 25dB. Sehingga mampu meredam kebisingan yang tidak diinginkan, dan memberikan kualitas output suara memukau saat bermain gim, menonton video, atau mendengarkan audio. Realme Buds Air 2 Neo menggunakan 10mm Dynamic Bass Boost Driver untuk hasil audio yang maksimal.

Baca Juga: Realme Borong Lima Penghargaan di Ajang Selular Award 2021

Realme Buds Air 2 Neo dapat memenuhi kebutuhan suara saat memainkan gim dengan Game Mode yang ditingkatkan. Dengan latensi super rendah sebesar 88ms, TWS ini memberikan pengurangan latensi hingga 35 persen jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Baterai pada Realme Buds Air 2 Neo juga memungkinkan para penggunanya memiliki masa pakai hingga 28 jam.

  1. Realme Buds Q

Realme Buds Q

Berikutnya ada Realme Buds Q yang sudah dijual di Indonesia melalui situs Realme Indonesia dan partner e-commerce Realme sejak Juni 2020 lalu dengan harga Rp. 399.000. Terhitung bulan Juli 2021 ini, Realme Buds Q turun harga menjadi Rp. 305.000 di situs Realme Indonesia.

Realme Buds Q mengusung desain mungil, ringkas dan ringan, dengan kuncup in-ear. Bahkan, bobotnya hanya 3,6 gram setara dengan bobot kertas A4. Secara keseluruhan bersama dengan casing, berat Realme Buds Q mencapai 35,3 gram atau sekitar bobot satu buah lipstick.

Di dalam setiap earbuds, ada driver suara berukuran 10 mm yang dipadankan dengan teknologi Dynamic Bass Boost (DBB). Sehingga memungkinkan efek suara bass yang dihasilkan lebih menggelegar.

TWS ini ditenagai chip R1Q True Wireless dengan fitur Gaming Mode. Berkat gaming mode tersebut, chip ini diklaim mampu menerima sinyal suara dari smartphone ke earbuds hanya dalam waktu 119 ms. Sehingga memungkinkan pemain mendengarkan suara dengan lancar ketika TWS dipakai untuk bermain game.

Baca juga: Realme Janji Sediakan 100 Juta Unit Ponsel 5G dalam 3 Tahun

Sumber energinya, TWS ini ditopang dengan baterai 40 mAh (earbuds) dan 400 mAh (casing) dengan ketahanan baterai diklaim mencapai puluhan jam. Realme Buds Q memiliki ketahanan baterai keseluruhan bersama cangkangnya hingga 20 jam. Sementara dengan penggunaan earbuds, mampu bertahan 4,5 jam dalam sekali pakai.

Fitur pendukung lainnya mencakup port micro-USB yang mendukung kecepatan pengisian cangkang TWS mencapai 30 watt, tingkat ketahanan air IPX4, Bluetooth 5.0, serta fitur Auto Connection yang memungkinkan earbuds langsung terhubung dengan perangkat ketika dinyalakan. Realme Buds Q tersedia dalam warna Yellow Pebble, White Pebble, dan Black Pebble.

  1. Realme Buds Air Neo

Realme Buds Air Neo

Realme Buds Air Neo dipasarkan ke Indonesia sejak Juni 2020 lalu di situs Realme Indonesia dan mitra Realme Indonesia dengan harga Rp. 699.000. Berdasarkan pantauan tim Selular di awal Bulan Juli ini, Realme Buds Air Neo masih dijual dengan harga yang sama yaitu Rp. 699.000.

TWS ini memiliki latensi yang sangat rendah, yaitu hanya 119,2 milisecond. Earbuds ini dilengkapi dengan 13 mm dynamic bass boost driver, chipset audio R1 kinerja tinggi, yang disesuaikan berdasarkan Bluetooth 5.0. Untuk baterainya, Realme Buds Air Neo bisa bertahan hingga 17 jam dengan sekali pemakaian selama 3 jam.

Pengguna juga dapat menggunakan fitur kontrol sentuh pada Buds Air Neo. Cukup ketuk dua kali untuk memutar atau pause lagu, ketuk tiga kali untuk melompat ke track berikutnya, tekan lama pada salah satu tombol untuk membangunkan asisten suara atau mengakhiri panggilan telepon.

  1. Realme Buds Air Pro

realme buds air Pro

Dipasarkan di Indonesia sejak November 2020 lalu di situs Realme Indonesia dan mitra Realme online dan offline, Realme Buds Air Pro dibanderol seharga Rp. 999.000. Sementara hingga bulan Juli 2021 ini, Realme Buds Air Pro dijual seharga Rp. 998.500 di situs Realme Indonesia. TWS ini tersaji dalam warna Rock Black dan Soul White.

Buds Air Pro merupakan earphone TWS pertama dari Realme yang hadir dengan Active Noise Cancellation (ANC). Buds Air Pro bisa meredam kebisingan hingga 35dB berkat mikrofon pengumpan dan penerima, yang masing-masing mengumpulkan kebisingan sekitar di luar dan di dalam telinga sebelum nantinya membatalkan gelombang suara yang mengganggu. Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Noise Cancellation for Calls yang ada di Realme Buds Air Pro yang mengurangi kebisingan di sekitar ketika menelepon.

Namun, memblokir suara dari dunia luar tentu bisa mengganggu pengguna, khususnya ketika sedang mengobrol langsung dengan teman atau mengemudi. Untuk mengatasi masalah ini, Realme Buds Air Pro hadir dengan Mode Transparansi (Transparency Mode) yang memungkinkan kamu tetap mendengarkan suara sekitar melalui mikrofon yang ada di earphone.

Realme Buds Air Pro didukung oleh chip S1 buatan Realme didukung Mode Game yang punya latensi rendah 94ms. Setiap bud memiliki Driver Bass Boost 10mm dan beratnya hanya 5 gram.

Baterai buds di Realme Buds Air Pro memiliki kapasitas 443 mAh. Sementara casing pengisi dayanya memiliki baerai berkapasitas 486 mAh. Bobot casingnya pun hanya 39,5 gram.

Realme Buds Air Pro bisa bertahan selama 20 jam pemutaran dengan ANC aktif. Durasi pakainya meningkat 5 jam jika ANC dinonaktifkan. Setelah casing kehabisan daya, Buds Air Pro bisa dipakai hingga tiga jam walau cuma di-charge selama 10 menit. Pengisian baterai hingga penuh membutuhkan waktu satu jam.

Seperti TWS Realme lainnya, Buds Air Pro mendukung kontrol sentuh dan perintah suara. Fitur lain dari Realme Buds Air Pro termasuk Smart Wear Detection, Bluetooth 5.0, Google Fast Pair, IPX4 rating tahan air hanya bud, Game Mode yang lebih efektif, dan Bass Boost + Mode untuk bass ekstra.

  1. Realme Buds Air

Realme Buds Air

Terakhir, ada TWS pertama Realme yaitu Buds Air yang dijual di Indonesia sejak Januari 2020 lalu di situs Realme Indonesia, Shopee dan mitra Realme lainnya dengan harga Rp. 899.000. Sampai bulan Juli ini, Realme Buds Air dijual dengan harga yang sama ketika awal peluncuran di Indonesia yaitu Rp. 899.000. TWS pertama Realme ini tersedia dalam tiga warna yaitu kuning, putih dan hitam.

Realme Buds Air disokong chipset R1 dengan fitur super low latency untuk Gaming Mode. Sehingga kualitasnya hampir sama dengan earphone kabel.  Fitur-fitur lainnya termasuk teknologi dual mikrofon Environment Noise Cancellation (ENC), instant auto connection, dan interaksi cerdas untuk mengakses Google Assistant.

Ketika mengaktifkan Gaming Mode, pengguna cukup menyentuh kedua sisinya ketika sedang digunakan. Jika pengguna menekan bagian sisinya sebanyak dua kali, maka musik yang sedang diputar di perangkat akan berhenti. TWS ini cukup ringan dengan bobot hanya 4,16 gram.

Daya tahan baterai untuk sekali pemakaian mencapai tiga jam. Untuk mengisi daya baterai Buds Air, ada case dengan kemampuan wireless charging 10W dan pengisi daya USB-C. Setelah terisi penuh, pengguna dapat memperoleh masa pakai baterai hingga 17 jam.

Kira-kira sahabat Selular udah punya TWS Realme yang mana ? Kalau belum, bisa beli salah satu dari TWS Realme tersebut di situs official Realme Indonesia atau mitra e-commerce Realme Indonesia.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.