Android 12 Punya Fitur Auto Hibernate, Hapus File dibanding Aplikasi yang Tidak Digunakan

Jakarta, Selular. ID –  Android 11 memiliki sebuah fitur yang disebut ‘auto revoke permission’ yang dapat secara otomatis mencabut permission aplikasi, kalau aplikasi tersebut tidak digunakan untuk waktu yang periode. Pembaruan fitur ini ternyata juga ditemukan dalam pola operasi Android 12.

Jika Anda tak menggunakan aplikasi dalam masa waktu dua bulan, dengan otomatis sistem akan menguraikan izin yang diberikan. Saat ini, dengan fitur hibernasi otomatis baru, selain mencabut izin yang diberikan ke suatu aplikasi, sistem juga mau secara otomatis menempatkan penerapan dalam hibernasi dan menghapus file sementara yang terkait dengan aplikasi tersebut.

Langkah ini mau membantu mengosongkan ruang penyimpanan perangkat yang tersedia tergantung pada besaran dalam penggunaan yang sedang hibernasi.

Fitur hibernasi otomatis ini terlihat di kaca “Aplikasi yang Tidak Digunakan” dalam Pengaturan > Praktik. Anda dapat melihat bahan apa yang terjadi dalam bawah “Jika aplikasi tidak digunakan selama beberapa bulan”.

Tombol opsi yang sebelumnya akan membaca “izin pencabutan otomatis” sekarang menjadi “hapus izin dan kosongkan ruang”.

Karena fitur tersebut muncul pada build Android 12 yang bocor, tidak jelas apakah fitur tersebut nantinya juga hendak muncul di Developer Preview of Beta build dibanding versi baru Android.

Tentunya ini maka fitur yang cukup memikat dan bermanfaat. Karena selama ini biasanya aplikasi dengan tidak dipakai akan terlupakan dan tetap menggunakan memori penyimpanan yang tersedia serta membuat penyimpanan selalu tampak penuh.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.